Einsten aja gak tau! Penyebab daging ikan berwarna putih dan lebih lunak

Penjelasan ilmiah dari buku Einsten aja gak tau! Oleh Robert L. Wolke

182503_e0f48552-fce8-11e3-8a3e-027c2523fab8

Kali ini bikin postingan yang diambil dari catatan lama sejak SMA dulu. Masih ingat dulu dapat bacaan ini hasil dari minjam sama teman. Pas minjam bukunya masih kelihatan mengkilat dengan sampul plastiknya yang rapi, mwehe.. masih baru bro! Jangan-jangan aku yang perdana baca bukunya πŸ˜€ Kira-kira hampir sebulan buku itu ditanganku dan pas dikembalikan bukunya sudah agak lecek gitu, sedikit bersalah.. Gomennasai..

Hmm..untuk memahami isi buku ini sepertinya butuh waktu lebih banyak, tidak seperti baca novel yang biasanya bisa tamat hanya dalam 1 hari 1 malam. Ya, ini sih karena seperti belajar lagi, walaupun bahasanya sudah dibuat lebih menarik tapi tetap aja masih banyak kata-kata yang sulit dipahami. Sadar karena untuk dapat memahami buku ini dengan cepat itu sulit, maka aku bela-belain untuk menyalin semua penjelasan-penjelasan ilmiah dalam buku ini ke dalam buku catatanku dalam bentuk ringkasan. Berikut ini adalah salah satu hasil dari resume dari catatanku yang ditambahkan sedikit penjelasan dari pikiran sendiri.

Daging ikan berwarna putihPertanyaannya, kenapa daging ikan kebanyakan berwarna putih, padahal kebanyakan daging lain berwarna merah?? Dan kenapa daging ikan lebih lunak daripada hewan lain?

Jaringan otot ikan pada dasarnya berbeda dengan kebanyakan hewan darat. Ikan berenang di dalam air bukanlah kegiatan yang terlalu berat bagi ikan, sehingga ototnya tidak berkembang seperti hewan lainnya. Otot ikan terutama terbentuk dari serat-serat yang dapat berkontraksi dengan cepat (otot terbentuk dari berkas-berkas serat), ototnya lebih pendek dan lebih tipis jika dibandingkan dengan otot hewan darat yang memiliki serat besar untuk kontraksi lambat. Ikan memerlukan otot yang dapat berkontraksi cepat untuk melakukan gerak menyentak cepat yang sangat bertenaga agar dapat kabur dari musuh-musuhnya.

Daging ikan lebih lunak karena hidup dalam lingkungan yang pada dasarnya tanpa berat, sehingga tidak memerlukan jaringan pengikat-tulang rawan, tendon, ligamen, dan sebagainya yang diperlukan oleh kebanyakan makhluk lain untuk menyangga berbagai bagian tubuh dan mempersatukan semuanya dengan kerangka utama. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab daging ikan lebih lunak, karena daging ikan terdiri dari otot tanpa adanya jaringan liat yang sulit diuraikan.

Dari penjelasan tersebut, kita tahu bahwa daging ikan begitu lunak sehingga disarankan agar memasak daging ikan tidak terlalu lama. Daging ikan dimasak hanya sampai semua proteinnya menggumpal dan berwarna pekat, sama seperti yang terjadi pada protein dalam putih telur. Daging tadi malah akan menjadi liat dan kering jika dimasak terlalu lama.

Dari penjelasan ilmiah dari buku ini dijelaskan bahwa daging ikan berwarna putih karena ikan tidak memiliki banyak darah dan darahnya yang sedikit sebagian besar terdapat pada insang. Saat daging ikan dicuci, darahnya mudah habis tercuci, hal ini terkait lagi dengan aktivitas ototnya. Otot ikan tidak memerlukan myoglobin untuk cadangan oksigen karena ototnya hanya dirancang untuk kontraksi cepat dan singkat.

Jadi berdasarkan penjelasan tersebut, penyebab daging berwarna kemerahan adalah karena adanya zat myoglobin. Zat myoglobin adalah zat pengikat oksigen yang oksigennya disimpan di dalam otot. Otot yang terdapat myoglobin menguntungkan bagi hewan yang biasanya melakukan gerakan yang memerlukan tenaga lebih banyak. Hewan yang semakin aktif bergerak memiliki kandungan myoglobin yang semakin banyak pula dalam ototnya. Oksigen diperlukan dalam otot sebagai penghasil energi untuk dapat melakukan kontraksi. Oleh sebab itu, daging ikan dapat menjadi lebih kemerahan jika ikan tersebut aktif bergerak dan tergolong pada ikan perenang aktif.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s