10 Langkah untuk Melatih Kebiasaan Baik Menulis

10 Kebiasaan Baik Menulis

Menulis menjadi aktivitas yang menyenangkan jika telah menjadi kebiasaan. Saat sudah terbiasa menulis kita akan semakin terlatih dengan sendirinya. Berikut adalah kebiasaan menulis yang baik, yang mungkin dapat membantu melatih kebiasaan menulis yang baik dan meningkatkan kualitas penulisan kita.

  1. Ikut kompetisi menulis yang sesuai

Ikuti saja setiap kompetisi menulis, dimulai dari kompetisi yang ringan. Hal ini dilakukan agar kita dapat mengetahui kualitas dari penulisan kita.

menulis

  1. Tidak mengedit

Setiap menulis kita hanya perlu menulis sampai naskahnya selesai, dan jangan mengedit tulisan jika belum selesai. Mengedit tulisan yang belum selesai hanya akan memperlambat kita dalam upaya menyelesaikan tulisan tersebut.

  1. Membiasakan diri menulis 10-30 menit setiap hari

Jika terasa berat untuk membiasakan diri menulis 10-30 menit per hari dan merasa tidak memiliki cukup waktu maka untuk menulis sebuah buku menjadi sesuatu yang tidak mungkin.

  1. Pelajari teori penulisan

Mempelajari teori penulisan dapat dilakukan dengan membaca buku-buku panduan kepenulisan, mengikuti kelas, sekolah, workshop menulis, dll. Kita juga dapat belajar tanpa mengeluarkan biaya dengan mengikuti kelas gratis atau men-download ebook-ebook menulis yang ada dimana-mana.

  1. Menulis 10-12 halaman naskah dari buku penulis favorit anda

Melatih kebiasaan menulis dapat dilakukan dengan menyalin tulisan-tulisan penulis favorit kita di buku sendiri. Hal ini juga dapat melatih diri dalam memilih kata-kata yang bagus untuk ditulis.

  1. Menerima kritikan

Jadi penulis itu tentu memiliki banyak pengkritik, pengganggu dan banyak godaannya yang macam-macam. Kita hanya perlu memilah-milah kritikan tersebut untuk dijadikan sebagai tips dalam memperbaiki karya kita. Jika ingin masuk industri kreatif, harus punya cukup mental untuk menghadapi semua gangguan.

  1. Jadi pembaca yang baik

Sebelum jadi penulis, kita harus menjadi pembaca yang baik. Cermati, ikuti, kisahkan kembali, dan pahami gaya penulisannya.

  1. Gunakan kata-kata baru dengan kamus

Menggunakan kosakata baru dalam menulis berarti kita telah memperkaya tulisan kita. Hindari pengulangan kata agar tulisan menjadi tidak membosankan, kecuali untuk memperoleh rima yang sesuai dan mendapatkan efek puitis.

  1. Fokus

Setiap orang punya ide, apalagi yang memiliki niat untuk menjadi penulis. Menulis satu, belum selesai, loncat ke lainnya. Belum selesai lagi, loncat lagi ke yang lain akhirnya tidak ada yang selesai. Jadi pada intinya kita harus fokus, konsisten dan komitmen agar dapat menyelesaikan satu tulisan (Huaa..ini yang jadi penyakit kronis ni, susah fokus dan ini sangat bahaya L)

  1. Cari dukungan

Hindari orang-orang yang tidak mensupport. Kita boleh berteman dengan siapa saja, tapi hati-hati dengan sejenis orang-orang yang meracuni pikiran dan mengatakan kita tidak mampu. Itu hanya membuat kita tidak mencapai apa-apa. Bergaul dengan orang yang semangat dan berpikir positif membuat kita menjadi lebih semangat lagi. (Ayo..ayo cari orang yang semangaat dan berpikir positif J )

Sumber: Ari Kinoysan Tips 10 Kebiasaan Baik Dalam Menulis

Tips kebiasaan baik dalam menulis juga masih ada nih, saya ambil dari blog kepenulisan yang saya ikuti. Secara umum tips yang dibagi hampir sama, intinya kita hanya perlu menulis dan menulis, jangan pedulikan tulisan kita itu jelek. Berikan penghargaan untuk diri sendiri jika berhasil mencapai target menulis yang diinginkan. Jangan mengedit tulisan sebelum tulisan tersebut benar-benar selesai. Pengeditan dilakukan hanyasetelah kita selesai menulis, dilakukan untuk memperbaiki kualitas tulisan kita.

Guest Post ~ Daphne Gray-Grant

(Sumber: http://theadventurouswriter.com/blogwriting/writing-habits-successful-writers-writing-coachs-tips/ )

Inilah tips kepenulisannya:

  • Jadikan tujuan menulismu spesifik.

Jangan hanya berpikir untuk menjadi “penulis yang lebih baik” (better writer). Targetkan menulis 150 kata per hari yang biasanya merupakan panjang kata dari sebuah email. Kamu bisa melakukannya, kan? Jika target menulis itu tercapai, dalam satu tahun maka kita berhasil menulis kata sebanyak 39.000 kata, yang merupakan panjang kata dari setengah buku. That’s half a book! Apabila kita menggandakan target penulisan menjadi 350 kata per hari maka total kata yang ditulis sama dengan total kata dalam satu buku. Itu berarti kita berhasil menulis satu buku dalam satu tahun.

  • Tulis tujuan dan rencanamu.

Ini adalah salah satu kebiasan menulis yang paling efektif karena dapat membuat tujuanmu lebih konkrit dan jelas.

  • Review tujuan menulis setiap hari.

I LOVE lists. Setiap pagi aku mulai dengan mendaftar 13 poin yang telah kulakukan. Aku merasa puas saat membuat setidaknya 13 centang, meskipun itu merupakan pekerjaan yang mudah. Melakukan hal ini dapat memberikan penyegaran.

  • Buat tujuanmu menjadi kecil dan mudah dikelola.

Jika target menulis 150 kata per hari terlalu sulit, maka kurangi saja. Targetkan menjadi 75 kata. Target yang cukup sederhana, membuat kita lebih mudah mengerjakannya.

  • Menulis setiap hari.

Menulis setiap hari menjadi tidak menyenangkan jika belum membiasakan diri. Enjoy saja. Aku melakukannya pertama kali tiap pagi setiap hari. Melakukan sesuatu yang kecil tapi teratur akan lebih bernilai daripada melakukan sesuatu yang besar tapi jarang dilakukan.

  • Be accountable to someone.

Buat dirimu menjadi lebih berkomitmen dalam menulis misalnya dengan membuat sebuah blog, yang akan mendorongmu untuk tetap menulis. Jika kamu tidak bisa memikirkan hal lain, kamu bisa melakukan sasuatu yang lain yang benar-benar tidak kamu inginkan (saran: memberi donasi pada sebuah pesta politik yang tidak disukai) jika kamu gagal mencapai tujuan menulismu.

  • Ikuti sebuah gaya kepenulisan.

Kamu adalah seorang penulis, bukan pencipta atau penemu (inventor). Temukan sebuah contoh gaya menulis yang benar-benar kamu sukai. Jika ingin menulis buku, carilah sebuah buku. Salin sebuah cerita, postingan blog atau majalah artikel, kemudian pelajari apa yang telah dilakukan penulis dan salin teknik atau cara menulisnya (teknik menulis – bukan penyusunan kata-katanya).

  • Beri reward untuk diri sendiri.

Saat mencapai target menulis maka berikanlah penghargaan untuk diri sendiri, secara teratur – sekurang-kurangnya sekali dalam sebulan.

  • Jangan mengedit saat menulis.

Selesaikan terlebih dahulu tulisan tersebut sebelum melakukan pengeditan.

  • Mulai dengan mind map.

Aku sudah menulis dan menghabiskan banyak waktu untuk membuat outline yang superior dengan menggunakan mind map.

Daphne Gray-Grant is a writing and editing coach and the author of the popular book 8½ Steps to Writing Faster, Better. She offers a brief and free weekly newsletter on her website. Gray-Grant also contributed Tips for Avoiding Writer’s Burnout and 5 Ways to Salvage Writing Disasters, here on Quips & Tips for Successful Writers.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s